Tuesday, 24 May 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS X MA





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.    IDENTITAS
            Nama Sekolah                         : MA
            Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab
            Kelas/Semester                        : X/Gasal
            Materi Pokok/Keterampilan    : المرافق العامة فى المدرسة / Membaca
            Alokasi Waktu                        : 1x45 Menit
B.     Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
C.    Standar Kompetensi
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: المرافق العامة فى المدرسة (Fasilitas Umum di Sekolah) baik secara lisan maupun tertulis.
3.4 Memahami secara sederhana unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya dari teks terkait topik: المرافق العامة فى المدرسة (Fasilitas Umum di Sekolah) yang sesuai dengan konteks penggunaan.
D.    Indikator Pencapaian
1.    Mengetahui ide pokok dari teks bacaan yang berkaitan dengan pokok materi
2.    Menjawab pertanyaan terkait teks bacaan tersebut
3.    Mengetahui dan memahami pengertian Zharaf makan dan zharaf zaman
4.    Membedakan antara Zharaf makan dan zharaf zaman dalam kalimat
E.     Tujuan Pembelajaran
                        Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan mampu, Mengetahui ide pokok dari teks bacaan yang berkaitan dengan pokok materi, Menjawab pertanyaan terkait teks bacaan tersebut, Mengetahui dan memahami pengertian Zharaf makan dan zharaf zaman, dan Membedakan antara Zharaf makan dan zharaf zaman dalam kalimat.
            Setelah proses pembelajaran siswa diharapkan memiliki sikap, religius, rasa ingin tahu, jujur, percaya diri, disiplin, mandiri dan gemar membaca.
F.     Materi Pembelajaran
المَرَافِقُ العَامَةُ فِى المَدْرَسَةِ
         عُمَرُ طَالِبٌ لِلصَّفِّ الْعَاشِرِ فِيْ الْمَدْرَسَةِ الثَّانَوِيَةِ. يَذْهَبُ عُمَرٌ اِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ بَعْضِ أَصْدِقَائِهِ صَبَاحًا. وَهُمْ يَصِلُوْنَ اِلَى الْمَدْرَسَةِ فِيْ الْسَّاعَةِ السَّابِعَةِ. مَدْرَسَتُهُ كَبِيْرَةٌ وَ وَاسِعَةٌ. فِيْهَا غُرَفُ كَثِيْرَةُ, مِنْهَا: فَصْلٌ وَ اِدَارَةٌ وَ مَكْتَبَةٌ وَ مَعْمَلٌ لُّغَوِيٌّ وَ مَقْصَفٌ وَحَمَّام وَمَسْجِدٌ. وَ فِيْهَا اَيْضًا مَلْعَبٌ كَبِيْرٌ وَ حَدِيْقَةٌ جَمِيْلَةٌ.
               الفَصْلُ جَانِبَ الْمَكْتَبَةِ, وَالْاِدَارَةُ اَمَامَ المَعْمَلِ اللُّغَوِيّ, وَالحَدِيْقَةُ اَمَامَ الْفَصْلِ, وَ الحَمَّمُ وَرَاءَ الْفَصْلِ, وَالمَقْصَفُ وَرَاءَ الْمَسْجِدِ, وَالْمَلْعَبُ وَرَاءَ الْمَدْرَسَةِ. يَتَعَلَّمُ عُمَرُ الدُّرُوْسَ فِيْ الْفَصْلِ. هُوَ يَسْتَمِعُ اِلَى شَرْحِ الْأُسْتَاذِ جَيِّدًا. يَقْضِى عُمَرُ اِسْتِرَاحَتَهُ فِيْ الْمَكْتَبَةِ اَوْ فِيْ الْمَقْصَفِ. هُوَ يَقْرَأُ الْكِتَابَ فِيْ الْمَكْتَبَةِ. تَنْتَهِي الدِّرَاسَةُ فِيْ السَّاعَةِ الوَاحِدَةِ وَ النِصفُ نَهَارًا.

Zharaf adalah isim yang dinashabkan ( atau ) yang menunjukkan keterangan waktu atau tempat terjadinya suatu perbuatan atau kejadian.
Pembagian zharaf:
1.    Zharaf zaman, yaitu zharaf yang menunjukkan waktu terjadinya perbuatan. Contoh zharaf: صَبَاحًا (pagi), نَهَارًا (siang),  مَسَاءً(sore), لَيْلًا (malam).
2.    Zharaf makan, yaitu zharaf yang menunjukkan tempat terjadinya perbuatan. Contoh zharaf:  اَمَامَ (di depan), وَرَاءَ (di belakang), جَانِبَ (di samping), فَوْقَ  (di atas), تَحْتَ   (di bawah),  خَلْفَ (di belakang pintu).
G.    Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan                 : Kooperatif
Metode Pembelajaran : Partisipatori

H.       Langkah-Langkah Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan Awal
-Guru mengucapkan salam
-Guru menyapa dan menanya kabar siswa
-Guru berdoa bersama siswa sebelum memulai pembelajaran
2 Menit
2
Kegiatan Inti
Mengamati dengan teliti
a.       Siswa membaca kosakata mengenai المرافق العامة فى المدرسة
b.      Siswa membaca teks bacaan tentang المرافق العامة فى المدرسة
c.       Siswa mengamati dan memahami materi mengenai Zharaf makan dan zharaf zaman.
Menanya dengan santun
a.       Siswa  menanyakan kosakata yang belum dipahami dalam teks bacaan
b.      Siswa menanyakan materi yang belum dipahami terkait Zharaf makan dan zharaf zaman.
Mencoba dengan penuh semangat
a.       Siswa dibagi kedalam empat kelompok: merah, kuning, hijau, dan biru.
b.      Siswa dijelaskan cara bermain permainan yang akan dilakukan.
c.       Salah satu siswa pada masing-masing kelompok mengambil salah satu kertas yang berupa pertanyaan, kemudian menempelkan pertanyaan tersebut diatas jawaban pada kertas yang sudah disiapkan oleh guru. Begitu seterusnya hingga kertas telah tertempel semuanya.
Menalar dengan terampil
a.       Siswa menjelaskan hasil pekerjaannya masing-masing
b.      Siswa mengoreksi hasil pekerjaannya dengan kunci jawaban yang benar

Mengkomunikasikan dengan percaya diri dan tanggung jawab
a.       Masing-masing mempresentasikan hasil kerja anggota kelompoknya.
b.      Masing-masing kelompok menjelaskan isi dari hasil pekerjaan mereka

40 Menit
3
Kegiatan Akhir
-Guru mengajak siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari pada hari itu
-Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari dan meminta siswa mempelajari materi yang akan datang
-Guru berdoa dan menutup pelajaran
-Guru mengucapkan salam kemudian keluar kelas
3 Menit
4
Jumlah
45 Menit

I.       Sumber, Bahan, dan Media Pembelajaran
Sumber                        : Buku paket “Belajar Bahasa Arab Untuk MA/SMA Kelas X
Bahan                          : Internet
Media Pembelajaran    : Power point, kertas materi dan soal
J.      Penilaian
1.      Penilaian Proses
a.       Kisi-kisi
Indikator
Penilaian
Bentuk tes
Teknik tes
Contoh instrument
Mengetahui ide pokok dari teks bacaan yang berkaitan dengan pokok materi
Tes Lisan
Menjawab pertanyaan
Apa tema dari teks bacaan tentang المرافق العامة فى المدرسة؟
Menjawab pertanyaan terkait teks bacaan tersebut
Tes Lisan
Memasangkan
مَتَى يَصِلُ عُمَرُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ؟
Mengetahui dan memahami pengertian Zharaf makan dan zharaf zaman
Tes Lisan
Menjawab pertanyaan
Jelaskan ide pokok dalam wacana tersebut dan simpulkan!
Membedakan antara Zharaf makan dan zharaf zaman dalam kalimat.
Tes Lisan
Memasangkan
يَذْهَبُ عُمَرُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ بَعْضِ أَصْدِقَائِهِ صَبَحًا.

b.      Instrumen tes/bentuk soal
۱. مَتَى يَصِلُ عُمَرُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ؟
۲. هَلْ مَدْرَسَةُ عُمَرُ كَبِيْرَةٌ وَ وَاسِعَةٌ ؟
۳. أَيْنَ الفَصْلُ عُمَرُ؟
٤. أَيْنَ عُمَرُ يَقْضَى وَقْتُ الاِسْتِرَاحَتَهُ؟
٥. مَتَى تَنْتَهِي الدِّرَاسَةُ ؟
٦. يَذْهَبُ عُمَرُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ مَعَ بَعْضِ أَصْدِقَائِهِ صَبَحًا.
 ٧. الفَصْلُ جَانِبَ الْمَكْتَبَةِ.
 ۸. الحَدِيْقَةُ اَمَامَ الْفَصْلِ.
  ٩. وَالْمَلْعَبُ وَرَاءَ الْمَدْرَسَةِ.
 ۱۰. تَنْتَهِى الدِّرَاسَةُ فِيْ السَّاعَةِ الوَاحِدَةِ وَ النِصفُ نَهَارًا.
c.       Kriteria Penilaian
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Ketepatan
(40 %)
Kejelasan
(40 %)
Kelancaran
(20 %)
















d.      Pedoman Penskoran
Kriteria Penilaian
Deskriptor
Skor
Ketepatan
Tepat
Kesalahan 1
Kesalahan 2
Kesalahan 3
Kesalahan 4
Kesalahan 5
Kesalahan 6
Kesalahan 7
Kesalahan 8
Kesalahan 9
Kesalahan 10
40
36
32
28
24
20
16
12
8
4
0
Kejelasan
Jelas
Kesalahan 1
Kesalahan 2
Kesalahan 3
Kesalahan 4
Kesalahan 5
Kesalahan 6
Kesalahan 7
Kesalahan 8
Kesalahan 9
Kesalahan 10
40
36
32
28
24
20
16
12
8
4
0
Kelancaran
Lancar
Kesalahan 1
Kesalahan 2
Kesalahan 3
Kesalahan 4
Kesalahan 5
Kesalahan 6
Kesalahan 7
Kesalahan 8
Kesalahan 9
Kesalahan 10
20
18
16
14
12
10
8
6
4
2
0

2.      Penilaian Karakter
No
Nama Siswa
Karakter
Religus
Rasa Ingin Tahu
Jujur
Percaya Diri
Disiplin
Mandiri
Gemar Membaca




























Keterangan
BT             : Belum Terlihat
MT            : Mulai Terlihat
MB            : Mulai Berkembang
MK            : Mengkultur

Semarang, 23 April 2016

Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah                                                        Guru Bahasa Arab


                                                                                                       ASARO APRILIANTI
NIP                                                                                                               NIP


No comments:

Post a Comment