RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
IDENTITAS
Nama Sekolah : MI AS SALAMAH
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : IV/Genap
Materi Pokok/Keterampilan : الجسم / Menyimak
Alokasi Waktu : 1x35
Menit
B.
Standar
Kompetensi
Memahami informasi lisan melalui kegiatan
mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang tubuh (الجسم)
C. Kompetensi Dasar
Menangkap
makna atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat terkait dengan
pokok materi: tubuh (الجسم)
D.
Indikator
1.
Menentukan maksud dari paparan lisan yang
telah diperdengarkan
2.
Melafalkan materi tentang tubuh (الجسم) yang
telah diperdengarkan dengan tepat
E.
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran
siswa diharapkan mampu memahami kosakata baru dan melafalkan kosakata yang
telah dipahami.
Setelah proses pembelajaran
siswa diharapkan memiliki sikap, religius, rasa ingin tahu, jujur, percaya diri,
disiplin, dan mandiri.
F.
Materi
Pembelajaran
الجسم
G.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Kontekstual
Metode Pembelajaran : Audio Visual
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1
|
Kegiatan Awal
-Guru mengucapkan salam (religius) 1
Menit
-Guru menyapa dan menanya kabar siswa (rasa ingin tahu) 1 Menit
-Guru berdoa bersama siswa sebelum memulai
pembelajaran 1 Menit
|
3 Menit
|
|
2
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-Siswa diberikan beberapa pertanyaan yang jawabannya berkaitan
dengan anggota tubuh 3 Menit
-Siswa diperdengarkan materi menyimak dengan pemutaran
ulang maksimal tiga kali 5 Menit
-Siswa diminta melafalkan kembali materi yang telah
didengar 3 Menit
-Siswa diberikan contoh-contoh pertanyaan terkait
materi yang telah didengar 2 Menit
Elaborasi
-Beberapa siswa secara
bergiliran diminta untuk menjawab salah satu soal pertanyaan yang ditampilkan
pada slide power point terkait materi yang telah diberikan
-Siswa yang mendapat soal
pertanyaan dengan perintah menulis maka bisa menulis jawabannya di papan
tulis atau di kertas
Konfirmasi
-Siswa yang menjawab benar bisa mendapatkan hadiah dengan
mengklik tombol hadiah
-Siswa yang menjawab salah diberi motivasi dan
kesempatan untuk menjawab soal tersebut dengan benar
|
25 Menit (13 Menit Eksplorasi dan 12 Menit
Elaborasi dan Konfirmasi)
|
|
3
|
Kegiatan Akhir
-Guru mengajak siswa menyimpulkan materi yang telah
dipelajari pada hari itu 3 Menit
-Guru memberikan penguatan terhadap materi
yang telah dipelajari dan meminta siswa mempelajari materi yang akan datang 2 Menit
-Guru berdoa dan menutup pelajaran 1 Menit
-Guru memberikan hadiah kepada seluruh siswa karena
telah antusias mengikuti pelajaran dan guru mengucapkan salam kemudian keluar
kelas 1 Menit
|
7 Menit
|
|
4
|
Jumlah
|
35 Menit
|
I.
Sumber, Bahan, dan Media Pembelajaran
Sumber :
Buku ajar bahasa Arab kelas 4
Bahan : Internet
Media Pembelajaran : Power
point
J.
Penilaian
1.
Penilaian
Proses
a.
Kisi-kisi
|
Indikator
|
Penilaian
|
||
|
Bentuk tes
|
Teknik tes
|
Contoh instrument
|
|
|
Menentukan maksud dari paparan lisan yang
telah diperdengarkan
|
Tes Lisan
|
Menjawab pertanyaan di media power point
|
Apa arti dari
kosakata ini?
|
|
Melafalkan materi tentang tubuh (الجسم) yang
telah diperdengarkan dengan tepat
|
Tes Lisan
|
Bernyanyi
|
Coba lafalkan
kembali nyanyian tentang anggota tubuh yang telah kalian dengar!
|
b.
Instrumen
tes/bentuk soal
1. Dengarkan dan jawablah pertanyaan berikut!
2. Apa ini? (ما هذا ؟)
c.
Kriteria
Penilaian
|
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
|||
|
Pelafalan
(25 %)
|
Kejelasan
(25%)
|
Kelancaran
(25%)
|
Ketepatan
(25%)
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Pedoman
Penskoran
|
Kriteria Penilaian
|
Deskriptor
|
Skor
|
|
Pelafalan
|
Tidak ada kesalahan Kesalahan pelafalan 1-5
Kesalahan pelafalan 6-10
Kesalahan pelafalan 11 dst
|
25
20
15
10
|
|
Kejelasan
|
Tidak ada kesalahan Kesalahan 1-5
Kesalahan 6-10
Kesalahan 11 dst
|
25
20
15
10
|
|
Kelancaran
|
Tidak ada kesalahan Kesalahan 1-5
Kesalahan 6-10
Kesalahan 11 dst
|
25
20
15
10
|
|
Ketepatan
|
Tidak ada kesalahan Kesalahan 1-5
Kesalahan 6-10
Kesalahan 11 dst
|
25
20
15
10
|
2.
Penilaian
Karakter
|
No
|
Nama Siswa
|
Karakter
|
|||||
|
Religus
|
Rasa Ingin Tahu
|
Jujur
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Mandiri
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
BT : Belum Terlihat MB : Mulai Berkembang
MK :
Mengkultur MT : Mulai Terlihat

No comments:
Post a Comment